PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA 19 BUMI SILIWANGI BANDUNG

AMELINA ENDAH PUJI LESTARI, 125020090 (2016) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA 19 BUMI SILIWANGI BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah pengaruh kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di SMA 19 Bumi Siliwangi Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar, seberapa besar pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar dan seberapa besar pengaruh secara simultan kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan pendekatan asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dokumentasi dan studi pustaka dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi simultan, dan koefisien determinasi parsial dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sampel jenuh (penelitian sensus), yaitu siswa kelas x ips, xi ips dan xii ips SMA 19 Bumi Siliwangi Bandung semester II tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 85 siswa. Dilihat dari hasil pengolahan data terdapat korelasi antara variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y sebesar 0,646 itu berarti korelasi tersebut sangat kuat, regresi linear berganda sebesar Y=4,820+0,552x1+0,490+e, koefisien determinasi atau R 2 sebesar 89,4%. Terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 47,94%, terdapat pengaruh yang signifikan dari fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 41,48% dan terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 89,4%. dan sisanya sebesar 10,6% merupakan variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terbukti ada pengaruh antara kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di SMA 19 Bumi Siliwangi Bandung. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar meningkatkan kompetensi profesionalnya dan memanfaatkan fasilitas belajar untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, dan untuk sekolah agar memberi kesempatan kepada para guru supaya meningkatkan kompetensi profesionalnya. Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 07 Sep 2016 17:42
Last Modified: 07 Sep 2016 17:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11205

Actions (login required)

View Item View Item