PENGA RUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA

NURBAYANI, 125050041 (2016) PENGA RUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT inggris.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAK.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salahsatu tujuan pembelajaran matematika . Namun kemampuan komunikasi matematis siswa ternyata masih rendah . Pembelajaran matematika di Indonesia kurang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengkomunikasikan gagasan matematika yang dimilikinya . Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat memberi pengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT. P enelitian ini bertujuan u ntuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik dari pembelajaran biasa dan indikator kemampuan komunikasi matematis manakah yang dianggap paling sulit dan paling mudah . M etode penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adal ah siswa kelas X SMA Negeri 25 Bandung tahun ajaran 201 5 - 201 6 dan sampel penelitiannya sebanyak dua kelas , yaitu siswa kelas X MIA 1 sebag ai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol . Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Independent Sample t - Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian , diperoleh kesimpulan: k emampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa ; indikator kemampuan komunikasi matematis yang dianggap sulit adalah membaca dengan pemahama n suatu presentasi matematika dan indikator komunikasi matematis yang dianggap paling mudah adalah menyatakan peristiwa sehari - hari dalam bahasa atau simbol matematika atau menyusun mod el suatu peristiwa . Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Komunikasi Matematis, Teams Games Tournament

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Sep 2016 14:56
Last Modified: 03 Sep 2016 14:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10494

Actions (login required)

View Item View Item