PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP

N. Dewi Yulia, NPM. 138060113 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
138060113 N. DEWI YULIA_ok.docx

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kreatif siswa dan self-confidence siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran berbasisn masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self-confidence siswa SMP. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasinya, yaitu seluruh siswa SMP Pasunda 3 Bandung kelas VII. Adapun, sampelnya terdiri dari 22 siswa kelas pembelajaran berbasis masalah (kelompok eksperimen) dan 22 siswa kelas konvensional (kelompok kontrol) yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Masalah yang diteliti yaitu peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, perbedaan self-confidende siswa di kelas pembelajaran berbasis masalah dan kelas konvensional, hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan self-confidence, serta aktivitas siswa terhadap respon pembelajaran berbasis masalah. Analisis kuantitatif menggunakan independent sample t-test, Mann-Whitney test, serta uji korelasi Pearson Correlation, sedangkan analisis kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis data dari penelitian ini adalah: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional baik berdasarkan hasil analisis keseluruhan maupun berdasarkan laki-laki dan perempuan. 2) Self-confidence siswa ditinjau dari analisis keseluruhan yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah tidak lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, sedangkan ditinjau berdasarkan laki-laki dan perempuan, siswa perempuan yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa laki-laki yang mendapat pembelajaran berbasis masalah, demikian pula pada kelas perempuan yang belajar dengan pembelajaran konvensional lebih baik daripada kelas laki-laki yang belajar dengan pembelajaran konvensional, membandingkan self-confidence perempuan di kelas pembelajaran berbasis masalah dan di kelas pembelajaran konvensional ditemukan bahwa self-confidence perempuan di kelas pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi. 3) Terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kreatif siswa dan self-confidence siswa. 4) Aktivitas siswa terhadap respon pembelajaran matematika dengan pembelajaran berbasis masalah menjadi baik artinya mengalami peningkatan. Kata Kunci : Model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan berpikir kreatif, self-confidence.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Mar 2016 06:33
Last Modified: 22 Mar 2016 04:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1038

Actions (login required)

View Item View Item