PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMP

MEGA FITRIA, 1 25050085 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancar a dengan guru mata pelajaran matematika bahwa sebagian besar siswa SMP Nasional Bandung mengalami kesulitan dalam memahami konsep dalam suatu materi jika diberikan kedalam bentuk yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan pemaha man konsep matematik siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional , 2) mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran m atematika melalui model pembelajaran Reciprocal Teachin g . Me tode penelitian ini adalah eksperimen. P opulasi penelitian ini adalah si swa kelas VII di SMP Nasional Bandung dan sampelnya adalah siswa kelas VII - A dan VII - E di SMP Nasional Bandung yang dipilih secara acak. Instrumen yan g digunakan adala h tes tipe uraian dan skala sikap menggunakan skala Likert . Tes diujicobaka n terlebih dahulu di kelas VII I A. Berdasarkan dari analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk dipak ai penelitian. Analisis data di lakukan dengan menggunakan uji - t melalui program SPSS 23 .0 for Windows yaitu Independent Sample T - Test . Berdasarkan analisis data hasil penelitian , diperoleh kesimpulan : 1) Kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model konvensional , 2) Siswa bersikap positif terhadap penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pembelajaran matematika . Oleh karena itu model pe mbelajaran Reciprocal Teaching dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif, dan menyenangkan. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematik , Reciprocal Teaching , Sikap

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Sep 2016 14:05
Last Modified: 03 Sep 2016 14:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10344

Actions (login required)

View Item View Item