Firmansyah Alimudin, 115060130 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN LINGGAR I DALAM MATERI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA SETEMPAT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (48kB) |
|
Text
abstrak.doc Download (29kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (28kB) |
Abstract
Penelitian berjudul penggunaan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk meningkatkan Sikap Toleransi dan Hasil Belajar Siswa kelas IV SDN Linggar I dalam materi Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar, mengangkat masalah bagaimana pendekatan cooperative learning tipe jigsaw digunakan pada materi Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat di kelas IV, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap toleransi, dan hasil belajar siswa pada materi Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw. Penggunaan model cooperative learning sebagai suatu pendekatan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, sangat mendukung dan efektif apabila digunakan dalam pembelajaran Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat. Penelitian dilaksanakan melalui dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan, dan setiap akhir siklus dilaksanakan evaluasi siswa secara individual. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Linggar I kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, sebanyak 26 orang siswa, yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki, dan 14 orang siswa perempuan. Data-data yang diperoleh yakni melalui hasil tes protes dan tes akhir, dan hasil wawancara siswa setelah tindakan penelitian dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dari materi Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat, mengalami perubahan mulai dari Siklus I sampai Siklus II, yakni dilihat dari proses pembelajaran dari setiap tindakan. Siswa dapat berpartisipasi aktif pada setiap pembelajaran sebab siswa melibatkan toleransi dan interaksi sebagai pendukung dalam pembelajaran. Selain itu hasil penelitian diperoleh hasil dari evaluasi akhir siswayakni untuk siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,38 dengan nilai variasi presentase 46,15%. Data data yang telah diperoleh tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran tentang materi Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw sikap toleransi dan hasil belajar siswa meningkat. Kata Kunci : Meningkatkan sikap toleransi dan hasil belajar siswa, model cooperative learning tipe jigsaw
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 21 Mar 2016 05:17 |
Last Modified: | 21 Mar 2016 05:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1029 |
Actions (login required)
View Item |