Alamsyah, 125060263 (2016) “PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV” (Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di Kelas IV SDN Sukawening Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung Pada Pembelajaran IPS Materi tentang Masalah Sosial). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER JUDUL SKRIPSI.pdf Download (15kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (461kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (466kB) |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran IPS pokok bahasan Masalah Sosial. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sukawening dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan motivasinya di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran problem based learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian motivasi dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian motivasi dan hasil tes belajar. Pada penilaian motivasi nilai rata-rata siklus 1 yaitu 2,9 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 3,3. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 60,67, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 73,83. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di kelas IV SDN Sukawening. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: problem based learning, motivasi, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 14:32 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 14:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10042 |
Actions (login required)
View Item |