AYU NURLELA, 125050094 (2016) NO.DAFTAR : MAT.2016 . 1043 PENGARUH P ENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM P EMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAC1.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (285kB) | Preview |
Abstract
Ayu Nurlela. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Kemampuan penalaran matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan penalaran matematis siswa ternyata masih rendah. Guru dalam menyampaikan materi terasa monoton, sehingga siswa kurang aktif dan kurang dapat menyampaikan ide - ide mereka.Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis adalah pembelajaran menggunakan multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendap atkan pembelajaran menggunakan Multimedia I nteraktif lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembela jaran dengan model Konvensional; 2) Untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan Multimedia Inte raktif ; 3) Untuk mengetahui korelasi antara kema mpuan penalaran matematis dengan sikap siswa. Menurut metodenya, penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desainya menggunakan kelompok kontrol pretes - postes. Populasi penelitian ini adalah semua kela s X SMA Sumatra 40 Bandung tahun ajaran 2015/2016. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas X SMA Sumatra 40 Bandung sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tipe uraian kemampuan penalaran mate matis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan Multimedia Interaktif lebih baik diban dingkan dengan siswa yang mend apatkan pembelajaran dengan model Konvensional ; 2) Sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan Multimedia Interaktif ; 3) Terdapat korelasi antara kem ampuan penalaran matema tis dengan sikap siswa. Ka ta kunci : Penalaran Matematis, Multimedia Interaktif.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 14:40 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 14:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10024 |
Actions (login required)
View Item |