UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS

YUNI LESTARI, 125060332 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER BELUM JADI.docx

Download (67kB)
[img] Text
ABSTRAK OTW INDONESIA.docx

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK B.INGGRIS FIX.docx

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK JADI.docx

Download (26kB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem based learning pada mata pelajaran ips. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar pada Kelas IV SDN Muararajen dalam materi Masalah Sosial di Lingkungan Setempat dan Bagaimana penerapan model Problem Based Learning dalamu paya meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Muararajen pada Mata Pelajaran Masalah Sosial di Lingkungan Setempat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Muararajen.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil yang diperoleh untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan baik kemampuan memecahkan masalah maupun nilai yang diperoleh. Pada siklus I kemampuan memecahkan masalah siswa sebesar 66,75%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 44%. Pada siklus II kemampuan memecahkan masalah siswasebesar 80%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 92% dengan perolehan rata-rata siswa sebesar 80. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulam bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kelas IV SDN Muararajen merupakan dampak positif, artinya keberadaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa Dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning hendaknya guru memahami dan melaksanakan perencanaan secara lebih rinci dan semaksimal mungkin agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang diharapkan. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Sep 2016 17:41
Last Modified: 01 Sep 2016 17:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9914

Actions (login required)

View Item View Item