PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU

Sucia Waroka, 125060041 (2016) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
3. ABSTRAK.docx

Download (22kB)
[img] Text
6. BAB I ACC.docx

Download (33kB)
[img] Text
7. BAB II ACC.docx

Download (496kB)
[img] Text
8. BAB III ACC.docx
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
9. BAB IV OTW.docx
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
10. BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan di kelas IV SD Negeri Asmi yang menunjukan bahwa pembelajaran pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku menunjukkan motivasi dan hasil belajarnya kurang bermakna yang terjadi guru berusaha payah untuk mengajari siswa dengan materi-materi baru sehingga pembelajaran sebelumnya belum terlaksanakan seluruhnya. oleh karena itu peneliti berusaha untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Student Team Achievement Division. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu berupa penelitian tindakan kelas, Karena penelitian yang dilakukan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi guru ketika melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. dengan tujuan untuk merefleksi dan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga adanya peningkatan hasil belajar. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Asmi dengan jumlah 33 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Angket untuk memperoleh data dari motivasi siswa yang mencapai persentase pada siklus 1 yaitu sebanyak 36% dan pada siklus II yaitu 93%, sedangkan untuk hasil belajar pada siklus 1 yang tuntas mencapai 67% dan meningkat pada siklus II sebanyak 92%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Asmi. hal ini dapat dilihat dari perolehan motivasi dan hasil belajar siswa yang meningkat setiap siklusnya. berkaitan dengan hasil penelitian ini, guru hendaknya mengkaji model pembelajaran tersebut dan membuat perencanaan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, sehingga dalam pelaksanaan berjalan sesuai yang di inginkan Kata kunci : Hasil belajar, Motivasi, Model pembelajaran Student Team Achievement Division

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Sep 2016 15:52
Last Modified: 01 Sep 2016 15:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9888

Actions (login required)

View Item View Item