PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE PICTURE AND PICTURE U, Lusi Pebriani (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. Halaman Sampul.docx

Download (44kB)
[img] Text
7. Abstrak.docx

Download (21kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (33kB)
[img] Text
Bab II.docx

Download (251kB)
[img] Text
Bab III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
Bab IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
Bab V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi perkembangan teknologi melalui model picture and picture. Model picture and picture adalah suatu model pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Dalam operasionalnya, gambar-gambar tersebut dipasangkan satu sama lain atau diurutkan menjadi urutan yang logis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan model pembelajaran picture and picture yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus atau pemberian rangsangan, pernyataan atau identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan atau generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian motivasi dan hasil tes belajar. Pada penilaian motivasi nilai rata-rata siklus I yaitu 75 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 83. Hasil belajar siklus I pada pretes nilai rata-rata yaitu 58 sedangkan post tes nilai rata-ratanya 68, dan hasil belajar siklus II pada pretes nilai rata-ratanya 68 sedangkan pada post tes nilai rata-ratanya 78. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS pada materi perkembangan teknologi di kelas IV SDN Kopo Elok Bandung. Kata kunci: cooperative learning tipe picture and picture, motivasi, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Sep 2016 14:57
Last Modified: 01 Sep 2016 14:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9814

Actions (login required)

View Item View Item