PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN ROMAWI

Nita Rahmatika, 125060124 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN ROMAWI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (41kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (312kB)
[img] Text
BAB III..docx
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..docx

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi Bilangan Romawi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi Bilangan Romawi. Penelitian ini menggunakan motode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Muararajeun, sebanyak 20 orang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase sikap percaya diri ketuntasan siswa mencapai 60% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori cukup, dan pada siklus II persentase sikap percaya diri ketuntasan siswa mencapai 90% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang atau sebesar 50% dari 20 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang atau sebesar 50% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 90% dari 20 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 2 orang atau sebesar 10% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Muararajeun pada pembelajaran Matematika materi Bilangan Romawi. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Percaya Diri, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Sep 2016 14:47
Last Modified: 01 Sep 2016 14:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9810

Actions (login required)

View Item View Item