PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI

RIANI AL ASTARI, 125060073 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (56kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang masih mengajar bersifat teacher centered, sehingga membuat siswa kurang aktif, cepat bosan, dan kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain itu sikap kerjasama siswa juga rendah hal ini terbukti dari hasil pengamatan yaitu siswa masih cenderung menunjukan sikap egois dan tidak mau menghargai pendapat teman sekelompoknya. Berdasarkan latar belakang tersebut upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Asmi Bandung yaitu dengan menggunakan model Discovery Learning pada subtema makananku sehat dan bergizi. PTK ini terdiri dari dua siklus, Setiap siklus meliputi tahap persiapan, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sikap kerjasama siswa meningkat dengan menggunakan model Discovery Learning. Pada siklus I persentase siswa yang memiliki sikap kerjasama adalah 69% meningkat menjadi 81% pada siklus II. (2) Hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model Discovery Learning. Dalam penelitian ini hasil belajar terdiri dari tiga ranah yaitu sikap, keterampilan dan pengetahuan. Hasil belajar siswa aspek sikap pada siklus I sebesar 69% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar aspek keterampilan siklus I sebesar 62% meningkat menjadi 88% pada siklus II dan hasil belajar aspek pengetahuan siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 88% pada siklus II. (3) Hambatan dalam menggunakan model Discovery Learning adalah waktu yang tidak efektif, (4) Upaya dalam mengatasi hambatan tersebut ialah guru mengkondisikan kelas dengan baik. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Kerjasama, Hasil belajar. Upaya, Hambatan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Sep 2016 12:47
Last Modified: 01 Sep 2016 12:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9731

Actions (login required)

View Item View Item