PENGGUNAAN STRATEGI PAKEM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 PADA MATA PELAJARAN IPA SD

WINDA AYUNINGTYAS, 125060097 (2016) PENGGUNAAN STRATEGI PAKEM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 PADA MATA PELAJARAN IPA SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover skripsi.docx

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (31kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
bab 1 halaman 2new.doc

Download (64kB)
[img] Text
bab 1 halaman 2new.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II jdi.doc

Download (593kB)
[img] Text
BAB II jdi.docx

Download (429kB)
[img] Text
BAB III new baru banget2.doc
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB III new baru banget2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
BAB IV fix 2.doc
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV fix 2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas I SDN Kebon Gedang 2 Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal. Diperlukan sebuah pendekatan yang dapat memberikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, salah satunya strategi PAKEM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi PAKEM pada mata pelajaran IPA materi Cuaca. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan dua siklus. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas I dengan menggunakan Strategi PAKEM menghasilkan peningkatan motivasi belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 70%, dan siklus II sebesar 91%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 75 ( cukup baik), siklus II sebesar 84 (baik) serta peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 70%, dan siklus II sebesar 91%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 68 (kurang), siklus II sebesar 78 (baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi PAKEM dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi Cuaca. Kata Kunci : Motivasi belajar, Hasil belajar, strategi PAKEM.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Aug 2016 17:22
Last Modified: 31 Aug 2016 17:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9714

Actions (login required)

View Item View Item