PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SDN ASMI BANDUNG

Silvia Desifrianty, 125060039 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SDN ASMI BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.doc

Download (69kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model discovery learning pada subtema lingkungan tempat tinggalku. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV C SDN Asmi Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memiliki sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar kurang memuaskan dikarenakan guru kurang menguasai beberapa model pembelajaran dan memiliki hambatan dalam penerapannya terutama pada model discovery learning, akibatnya siswa pada proses pembelajaran menjadi kurang aktif bertanya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Arikunto. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan tahap-tahap model discovery learning. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, hasil tes, dan wawancara. Data hasil observasi yang terdiri dari hasil observasi kinerja guru dan kegiatan siswa, angket penilaian diri dan antar teman sikap spritual dan sosial siswa serta soal free test dan post test untuk mengukur keberhasilan dalam subtema lingkungan tempat tinggalku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil pada siklus I 79%, siklus II 90%, sikap rasa ingin tahu pada siklus I mencapai 68% dan siklus II sebesar 88%, selanjutnya hasil belajar siklus I sampai siklus II, hasil belajar siswa pada aspek sikap yaitu 71% menjadi 88%, aspek keterampilan sebesar 71% menjadi 100% dan aspek pengetahuan 68% menjadi 82%. Adapun hambatan dalam pembelajaran paling utama yaitu waktu. Upaya mengatasi hambatan tersebut guru harus mengelola kelas dengan baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema lingkungan tempat tinggalku di kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penerapan model discovery learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan di kelas salah satunya pada subtema lingkungan tempat tinggalku. Kata kunci: Model Discovery Learning, Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar Hambatan, Upaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Aug 2016 15:42
Last Modified: 31 Aug 2016 15:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9699

Actions (login required)

View Item View Item