MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN ASMI PADA SUBTEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

SITI JABAL ROHMAH, 125060086 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN ASMI PADA SUBTEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
00 COVER SKRIPSI.docx

Download (84kB)
[img] Text
05 Abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (268kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan sikap teliti dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Asmi. Penelitian ini dilatar belakangi keadaan siswa yang belum memiliki sikap teliti dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari 2 siklus dalam tiap siklusnya terdiri dari 3 pembelajaran, setiap pembelajaran terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap teliti dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Untuk sikap teliti siklus I kategori baik memperoleh 68%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 88%. Untuk hasil belajar ranah kognitif, pada siklus I nilai rata – rata hasil belajar siswa adalah 81 dengan persentase ketuntasan mencapai 84%. Pada siklus II nilai rata – rata kelas meningkat menjadi 88 dengan persentase ketuntasan mencapai 96%. Pada siklus I hasil belajar ranah sikap spiritual kategori baik memperoleh persentase sebesar 32%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 88% yang telah mencapai kategori baik. Untuk hasil belajar ranah sikap sosial pada siklus I memperoleh persentase sebesar 20% kategori baik, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 80% yang telah mencapai kategori baik. Untuk hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I kategori baik memperoleh persentase sebesar 76%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan pencapaian persentase 96%. Adapun hambatan dalam pembelajaran dengan menggunakan model PBL adalah membutuhkan waktu yang lama dan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut guru harus mengkondisiakn kelas dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model PBL dapat meningkatkan sikap teliti dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Asmi pada subtema pelestarian lingkungan. Dengan demikian, penerapan model PBL dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model untuk diterapkan pada pembelajaran subtema pelestarian lingkungan di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Teliti, Hasil belajar, Model PBL, Hambatan, Upaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Aug 2016 14:51
Last Modified: 31 Aug 2016 14:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9689

Actions (login required)

View Item View Item