MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

ENA NURLIANI, NPM. 128612022 (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah yang lebih baik antara yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional; untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan maslh yang lebih baik antara yang menggunakan model pembelajara berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional; untuk mengetahui korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah; untuk mengetahui sikap siswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi padapenelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidamulih. Peneliti mengambil 2 kelas sebagai sampel sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen sebanyak 24 orang dan kelas kontrol sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis, angket skala sikap, dan pedoman observasi. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan (1) kemampuan pemahaman matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari model pembelajaran konvensional; (2) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari model pembelajaran konvensional; (3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari model pembelajaran konvensional; (4) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari model pembelajaran konvensional; (5) sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah menunjukkan sikap positif; (6) terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Kata Kunci: Kemampuan pemahaman matematis, kemampuan pemecahan masalah matematis, pembelajaran berbasis masalah

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2014
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 27 Aug 2016 14:53
Last Modified: 27 Aug 2016 14:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9555

Actions (login required)

View Item View Item