Iit Rustiwan, NPM. 118612003 (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBASIS KONTEKSTUAL. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
ABSTRAK.docx Download (17kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB I & II.docx Download (49kB) |
Abstract
Dua diantara tujuan pembelajaran matematika yang sangat penting untuk dikembangkan adalah meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematika peserta didik. Kemampuan pemahaman dan penalaran matematika akan membantu peserta didik senantiasa berpikir secara sistematis, mampu menyelesaikan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari dan mampu menerapkan matematika dalam mata pelajaran. Namun pada kenyataannya, berdasarkan pengamatan peneliti sebagai guru, peserta didik di SMAN 1 Parungkuda yang telah belajar trigonometri di kelas X masih kurang kemampuan pemahaman dan penalaran matematikanya. Salah satu alternatif upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematika adalah melalui pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing berbasis kontekstual. Desain pada penelitian ini adalah Quasi-eksperimen dengan menggunakan dua pasang kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan untuk lebih memperdalam pengujian setiap kelas eksperimen dan kelas kontrol ini dibagi lagi kedalam kelompok unggul dan kelompok asor. Populasi dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman dan penalaran matematika peserta didik SMAN 1 Parungkuda kelas X, sedangkan sampelnya adalah kemampuan pemahaman dan penalaran matematika peserta didik kelas X.1 dan X.2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk uraian yaitu tes kemampuan pemahaman sebanyak 5 butir soal dan tes kemampuan penalaran matematika sebanyak 3 butir soal. Sebelumnya instrumen tersebut diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukarannya. Data tes kemampuan pemahaman dan penalaran matematika peserta didik diperoleh dari skor pretes, postes dan gain baik dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Analisis secara kuantitatif dilakukan terhadap tes kemampuan pemahaman dan penalaran matematika dari skor pretes, postes dan gain menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan mengambil α = 0,05. Berdasarkan deskripsi data dan pengujian hipotesis, dapat diketahui bahwa : peningkatan kemampuan pemahaman matematika pesrta didik yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing berbasis kontekstual tidak lebih baik dibandingkan pesrta didik yang memperoleh pembelajaran dengan metode konvensional. Tetapi peningkatan kemampuan penalaran matematika pesrta didik yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing berbasis kontekstual lebih baik dibandingkan peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan metode konvensional. Kata kunci : Metode Penemuan Terbimbing Berbasis Kontekstual, Pemahaman dan Penalaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | S2-Thesis |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2013 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 14:56 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 14:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9466 |
Actions (login required)
View Item |