PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Riri Nurul Indah Safitri, 115060205 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (38kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berawal dari pengamatan dan diskusi dengan guru yang menyatakan bahwa siswa kelas IV-B masih banyak yang merasa kurang semangat dan cenderung diam ketika pembelajaran tematik dalam tema indahnya kebersamaan sub tema keberagaman budaya bangsaku. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data tentang cara mengefektifkan penggunaan model Problem Based Learning untuk menumbuhkan sikap rasa percaya diri dan hasil belajar siswa di kelas IV-B SD Negeri Asmi Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Penelitian Tindaka Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart. PTK ini direncanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus menggunakan 4 tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas menghasilkan hasil yang maksimal dibuktikan dengan pencapaian hasil nilai rata-rata siswa setiap siklusnya meningkat. Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,2 sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II memperoleh skor rata-rata 2,9. Nilai aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh skor rata-rata 2,5. Sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 3,56. Sementara pada hasil penilaian terhadap rasa sikap percaya siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 1,96 sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 3,27. Lalu pencapaian hasil nilai rata-rata hasil belajar siswa setiap siklusnya meningkat. Data yang diperoleh mulai dari siklus I yakni 66,67 sedangkan pada siklus II memperoleh 85,83. Berdasarkan hasil yang telah dicapai oleh siswa maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning, sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dalam tema indahnya kebersamaan sub tema keberagaman budaya bangsaku dapat meningkat. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Sikap Percaya Diri, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 19 Mar 2016 05:27
Last Modified: 19 Mar 2016 05:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item View Item