PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU

Fety Rosalina Pratiwi, 115060125 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (48kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan diantaranya: (1) Sebagian besar siswa belum mencapai Ktiteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diharapkan; (2) Pembelajaran tidak interaktif; (3) Kurangnya tanggung jawab siswa; (4) Guru masih mendominasi pembelajaran sementara siswa pasif. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui sikap tanggung jawab dan hasil belajar siswa sebelum mengikuti proses pembelajaran dengan model PBL; (2) untuk mengetahui respon siswa dalam menggunakan model PBL; (3) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model PBL; (4) untuk mengetahui aktivitas guru selama menggunakan model PBL; (5) untuk mengetahui dokumen guru (RPP) menggunakan model PBL; (6) untuk mengetahui sikap tanggung jawab dan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan model PBL. Model PBL adalah pembelajaran yang dilakukan dengan adanya pemberian rangsangan berupa masalah-masalah yang kemudian dilakukan pemecahan masalah oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Asmi sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan peningkatan sikap tanggung jawab dan hasil belajar pada setiap siklusnya. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata sikap tanggung jawab yaitu sebesar 68% (cukup) sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebesar 68 (54% skor siswa mencapai KKM), pada siklus II diperoleh rata-rata sikap tanggung jawab sebesar 87% (baik) sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebesar 80,4 (92% skor siswa mencapai KKM). Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh di lapangan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Asmi Kecamatan Regol Kota Bandung. Dengan demikian pendekatan PBL dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV sekolah dasar. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Sikap Tanggung Jawab dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 19 Mar 2016 05:20
Last Modified: 19 Mar 2016 05:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item