PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN Ibu Dewi 7 Kabupaten Cianjur Tahun Pelajaran 2015/2016)

PUTI IGNISUFIATI, 115060094 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN Ibu Dewi 7 Kabupaten Cianjur Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
abstrak-1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-1.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V di SDN Ibu Dewi 7 dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Hal tersebut didasari oleh kurangnya kemampuan selama pembelajaran berlangsung yang berimbas pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang kurang pula. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang dilakukan selama dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik nontes untuk mengetahui aktivitas siswa dan aktivitas kinerja guru/peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya persentase ketuntasan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II bahwa, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 25%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 90,62%. Oleh karena itu, penggunaan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) sangat menunjang terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Hal ini disebabkan dalam model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) siswa dituntut lebih aktif dalam pembelajaran, dapat menerima keragaman, dan dapat mengembangkan kemampuan sosial, dengan demikian kesimpulan pada penelitian ini bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Kata kunci: Kemampuan menulis karangan narasi, model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Mar 2016 05:05
Last Modified: 19 Mar 2016 05:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item View Item