PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SD PARANGGONG KABUPATEN BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Erlin Fitria Ningrum, 105060262 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SD PARANGGONG KABUPATEN BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1.COVER SKRIPSI.docx

Download (40kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
7. ABSTRAC- selesai.docx

Download (15kB)
[img] Text
7. ABSTAK english ERLIN.docx

Download (14kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
3.UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
13.BAB I ACC.docx

Download (73kB)
[img] Text
14.BAB II- ACC.docx

Download (70kB)
[img] Text
15.BAB III-ACC.docx
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
16. BAB IV - ACC.docx
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
17.BAB V ACC ERLIN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan SD Paranggongkelas IV pada sub tema Bersyukur atas Keberagaman untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan rasa Percaya Diri Peserta Didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Pendekatan penelitian ini yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ialah suatu bentuk penelitian dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas secara lebih berkualitas sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan sistem siklus dengan jumlah siklus yang digunakan ialah 2 siklus dalam tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan menggunakan tes evaluasi (fretes dan postes), lembar observasi guru dan siswa, dan Lembar Kerja Siswa (LKS) Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran model DiscoveryLearning. Dalam proses pembelajaran pada sub tema Bersyukur Atas Keberagaman dapat terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklusnya mencapai peningkatan dari pra siklus fretes siklus I 29,41%, postes siklus I 58,82% dan siklus II mengalami peningkatan persentase sebesar fretes siklus II 66,66% dan postes siklus II 88,88% selain itu hasil hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil belajar sebelum tindakan. Setelah penggunaan pendekatan dengan model Discovery Leraning siklus I nilai rata-rata menjadi 75 Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 80 Sehingga pembelajaran model Discovery Learning. Dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan peningkatan pemahaman konsep dan meningkatkan rasa percaya diri belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning,Pemahaman Konsep dan Percaya diri

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 16 Aug 2016 12:48
Last Modified: 16 Aug 2016 12:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9304

Actions (login required)

View Item View Item