PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA

HINDA FARIDAH, 115060121 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.docx

Download (52kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
3. Motto dan Persembahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (17kB)
[img] Text
Abstract.docx

Download (16kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SDN Parungserab 2 Kabupaten Bandung khususnya di kelas V pada materi bumi dan alam semesta dengan menerapkan model problem based learning. Peneletian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berlangsung dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes, lembar observasi, wawancara dan angket. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, nilai rata-rata pada siklus I untuk pre test 66,20, post test 68,96, dan pada evaluasi akhir pembelajaran 67,75, nilai rata-rata hasil belajar pada siklus II lebih meningkat dari hasil sebelumnya yaitu untuk pre test 71,72, post test 84,4, dan pada evaluasi akhir pembelajaran 83,6. Selain itu aktivitas belajar siswa pun mengalami peningkatan dengan rentang skala persentase 0-100%, siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh persentase 60% dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 91%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam materi bumi dan alam semesta. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Kata kunci: Problem based learning, aktivitas siswa, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Aug 2016 18:22
Last Modified: 15 Aug 2016 18:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9282

Actions (login required)

View Item View Item