HINDA FARIDAH, 115060121 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. COVER SKRIPSI.docx Download (52kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
3. Motto dan Persembahan.docx Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
|
Text
4. SURAT PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (17kB) |
|
Text
Abstract.docx Download (16kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SDN Parungserab 2 Kabupaten Bandung khususnya di kelas V pada materi bumi dan alam semesta dengan menerapkan model problem based learning. Peneletian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berlangsung dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes, lembar observasi, wawancara dan angket. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, nilai rata-rata pada siklus I untuk pre test 66,20, post test 68,96, dan pada evaluasi akhir pembelajaran 67,75, nilai rata-rata hasil belajar pada siklus II lebih meningkat dari hasil sebelumnya yaitu untuk pre test 71,72, post test 84,4, dan pada evaluasi akhir pembelajaran 83,6. Selain itu aktivitas belajar siswa pun mengalami peningkatan dengan rentang skala persentase 0-100%, siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh persentase 60% dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 91%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam materi bumi dan alam semesta. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Kata kunci: Problem based learning, aktivitas siswa, hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 18:22 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 18:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9282 |
Actions (login required)
View Item |