PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI ADAPTASI HEWAN DENGAN LINGKUNGANNYA

IMMAMI PUTRIANA GUSTIA, 095060206 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI ADAPTASI HEWAN DENGAN LINGKUNGANNYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (49kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Pasirluyu Kecamatan Regol Kota Bandung dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB dalam materi Adaptasi Hewan dengan Lingkungannya dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together. Hal ini dilakukan karena banyak ditemukan masalah-masalah yang ada di kelas seperti pembelajaran masih banyak dilakukan secara konvensional , pembelajaran selalu disajikan secara verbal melalui kegiatan ceramah, tanya jawab, dan textbook oriented dengan keterlibatan siswa yang sangat minim, kurang menarik minat siswa dan membosankan. Guru jarang menggunakan alat peraga atau media pelajaran IPA. Dalam membahas materi IPA tidak terlihat adanya upaya guru untuk mengembangkan kegiatan diskusi kelompok maupun diskusi kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Adaptasi Hewan dengan Lingkungannya. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Pada data awal dari hasil tes siswa memperoleh skor dengan persentase 52%, siklus I dari hasil tes siswa memperoleh skor dengan persentase rata-rata 74%, pada siklus II dari hasil tes siswa memperoleh skor dengan persentase rata-rata 83% dan pada siklus III dari hasil tes siswa memperoleh skor dengan persentase rata-rata 96%. Hal ini dikarenakan pada Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together, siswa dituntut untuk bekerjasama dalam menguasai materi yang diberika oleh guru, dan siswa tidak hanya memahami konsep yang diberikan tetapi juga memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan bersosialisasi sehingga siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses berfikir sehingga mempengaruhi hasil belajarnya pun akan lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Aug 2016 13:01
Last Modified: 15 Aug 2016 13:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8988

Actions (login required)

View Item View Item