MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI – CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING DI KELAS III SDN TARUNA KARYA 3 CIBIRU KOTA

Wulan Nuryuliani, 095060307 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI – CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING DI KELAS III SDN TARUNA KARYA 3 CIBIRU KOTA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (68kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
daftar pstaka.docx

Download (20kB)
[img] Text
DATA RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)

Abstract

Penelitian dengan judul Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ciri – ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Snowball Throwing Dikelas III SDN Taruna Karya 3 Cibiru Kota Bandung bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran penerapan model Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup. Dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar IPA pada pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan. Hal ini ditandai nilai siswa yang belum memenuhi KKM 70 yaitu sebesar 61%. Padahal target yang diharapkan 100, hal itu disebabkan oleh bebrapa faktor salah satunya yaitu cara guru melaksanakan pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan/ tindakan, observasi dan refleksi. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model Snowball Throwing pada pada pembelajaran IPA tentang ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, terlihat siswa sangat senang dalam bekerja dalam kelompok dan aktif demikian pula perolehan nilai siswa pada pembelajaran IPA pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan mengalami peningkatan. Pada siklus pertama tindakan kesatu siswa yang mencapai KKM sebesar 34%. Pada siklus pertama tindakan kedua sebesar 60%. Dan pada siklus Kedua tindakan kesatu siswa yang mencapai KKM sebesar 77%. Dan pada tindakan keduanya siswa yang mencapai KKM sebesar menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan. Beberapa saran yang hendak disampaikan anatara lain: (1) guru diharapkan dapat menggunakan penerapan model Snowball Throwing pada hasil beelajar siswa. (2) guru perlu mengkaji model pembelajaran menggunakan penerapan model Snowball Throwing tersebut dan merencanakan persiapan – persiapan dengan teliti, serta menyesuaikan dengan kondisi siswa atau pun kondisi kelas. Kata Kunci : Penerapan model Snowball Throwing, Hasil Belajar dan Mata Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Aug 2016 12:53
Last Modified: 15 Aug 2016 12:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8987

Actions (login required)

View Item View Item