PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN

LINDA DURROTUN NASIHIYYAH, 115060291 (2016) PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (58kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (24kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (167kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (37kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Sistem Pemerintahan Desa Dan Kecamatan Di Kelas IV Semester I SD Negeri Coblong Bandung). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang permasalahannya muncul dari dalam kelas tersebut. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan didapat data bahwa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN Coblong Bandung. Ini dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase sikap percaya diri dan hasil belajar siswa di setiap siklusnya. Hasil penelitiannya dapat di jelaskan bahwa disetiap siklus peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajarnya memperoleh hasil yang berbeda. Hasil belajar siswa di dalam kelas ternyata meningkat dari setiap siklus dengan di buktikannya melalui hasil tes, setiap siklus terlihat perubahan nilai siswa yang dapat mencapai KKM. Pada pra siklus nilai siswa masih di bawah rata-rata sehingga belum mencapai KKM hanya 10 orang dari jumlah siswa 38 dengan persentase 26,3%. Sedangkan hasil yang diharapkan yaitu 75% dalam satu kelas mencapai nilai KKM. Persentasenya yaitu pada pra siklus yang mencapai KKM ada 10 orang dengan persentase 26,3%, siklus I yang mencapai nilai KKM ada 25 orang dengan persentase 65,8%, Berdasarkan hal tersebut berarti adanya peningkatan hasil pembelajaran dari pra siklus ke siklus I sebesar 39,5%. Dan pada siklus II yang mencapai KKM ada 35 orang dengan persentase 92%. Berdasarkan hal tersebut, berarti adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 26,2%. Untuk penilaian sikap percaya diri Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,8 atau 70% dan siklus II dengan nilai rata-rata 3,03 atau 76,1% dengan kategori baik dan sesuai target yang diharapkan peneliti. Kata Kunci: contextual teaching and learning, sikap percaya diri, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 11 Aug 2016 14:31
Last Modified: 11 Aug 2016 14:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8446

Actions (login required)

View Item View Item