Rizqi Gumilar Hikmatulloh, 115060255 (2016) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR PADA MATERI TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU, BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Coper.docx Download (23kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (31kB) |
|
Text
abstrak english 1.docx Download (13kB) |
|
Text
abstrak english 2.docx Download (11kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
BAB 12345.rtf Download (16MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP..docx Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kajian dan pengamatan yang dilakukan di kelas V SDN Srirahayu Kabupaten Bandung yang menujukkan kurangnya Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Salah satu penyebab kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif. Metode yang digunakan guru yaitu metode ceramah, metode ini kurang memberikan kesempatan siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran karena siswa hanya menjadi pendengar setia ceramah yang disampaikan guru sehingga siswa menjadi pasif. Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar adalah model pembelajaran bermain peran. Model pembelajaran bermain peran merupakan inovasi pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa memahami teori secara mendalam melalui pengamalan belajar praktik-empirik. Model pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mengenai Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha dan Islam di Indonesia, selain itu penggunaan metode bermain peran berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta siswa. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya skor rata-rata yaitu 3,7 pada prasiklus , menjadi 3,8 pada siklus I, dan 3,8 pada siklus II. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari hasil pretes sampai pelaksanaan postes siklus I dan postes siklus II menunjukkan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan siklus II menunjukkan siswa yang lulus yaitu 100% dengan nilai KKM 60. Selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaran menjadi meningkat, hal tersebut terjadi karena siswa yang ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian model pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS. Kata kunci: Bermain Peran, Aktivitas dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 12:36 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 12:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8204 |
Actions (login required)
View Item |