ISHAK FITRRIANY FADHILAH, 205020038 (2025) PENGARUH METODE REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 2 Cimahi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2025/2026). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
||
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
||
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMA Pasundan 2 Cimahi. Data dikumpulkan melalui angket (kuesioner) yang di sebarkan kepada 154 responden (proportional sampling) dan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukan: (i) pengaruh parsial (Uji t) Variabel Reward (X1) memiliki pengaruh positif dengan nilai Sig. 0.001 (< 0.05). Variabel Punishment (X2) menunjukan pengaruh positif yang lebih kuat dengan nilai Sig. 0.000 (< 0.05). Reward memberikan dorongan positif, sementara Punishmnet (yang bersifat mendidik) menumbuhkan kedisiplinan. (ii) Pengaruh Simultan (Uji F) secara bersama-sama kedua metode ini signifikan mempengaruhi Motivasi Belajar dengan nilai (Sig. 0.00). (iii) Nilai Koefisien Determinasi (R2 ) sebesar 0.643. Angka ini berarti 64,3% Motivasi Belajar Siswa di pengaruhi dan di jelaskan oleh metode Reward dan Punishment. Sebagai akhir penelitian, peneliti menyampaikan saran Penerapan Reward sebagai penguatan positif dan Punishment sebagai koreksi edukatif terbukti menjadi strategi yang sangat efektif (pengaruh kuat) untuk meningkatkan semangat dan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Ekonomi. Peneliti menyarankan (1) Kepada Guru untuk memvariasikan strategi pembelajaran guna menumbuhkan motivasi intrinsik. (2) Kepada Siswa untuk terus meningkatkan motivasi diri dan persistensi dalam belajar. (3) Kepada Peneliti selanjutnya untuk menguji variabel lain yang memengaruhi sisa 35,7% motivasi belajar. Kata Kunci: Reward, Punishment, Motivasi Belajar Siswa
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 07:16 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 07:16 |
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81825 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
