Rahmanda M Diki, 215060026 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK SD (Studi Quasi Eksperiment Kelas IV di SDN Jayasari Kab. Subang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (811kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) peserta didik kelas IV di SDN Jayasari, Kabupaten Subang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akibat kurangnya motivasi belajar serta penggunaan metode pembelajaran Direct Instruction. Model PBL dipilih karena menekankan pada pemecahan masalah nyata, mendorong keterlibatan aktif, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Quizizz digunakan sebagai media pendukung untuk meningkatkan interaktivitas dan motivasi belajar melalui pendekatan gamifikasi. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan IV-B sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran meliputi orientasi masalah, investigasi kelompok, eksplorasi bersama, presentasi hasil, dan refleksi yang difasilitasi menggunakan kuis di Quizizz. Model Problem Based Learning berbantuan Quizizz mendorong peserta didik untuk lebih aktif, berpikir kritis, serta bekerja sama dalam memecahkan permasalahan yang diberikan dalam proses pembelajaran. Selain itu, penggunaan aplikasi Quizizz memberikan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan motivasi, dan keterlibatan peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran yang menggabungkan problem solving dan gamifikasi ini efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji t pretest sebesar 0,784 yang menandakan tidak ada perbedaan awal yang signifikan. Nilai uji t posttest sebesar 0,783 menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada hasil akhir. Efek pengaruh yang diukur dengan effect size sebesar 1,25 termasuk dalam kategori besar. Dengan demikian, model PBL berbantuan Quizizz efektif meningkatkan hasil belajar PPKN peserta didik. Kata kunci: Problem Based Learning, Quizizz, Hasil Belajar PPKN.
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 08:49 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 08:49 |
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81659 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
