PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF BERDASARKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 35 BANDUNG

Selpi,Gina, 195030098 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF BERDASARKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 35 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. RINGKESAN.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh keterampilan menulis peserta didik yang kurang terasah dan peserta didik minim pengalaman menulis persuasif. Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas kemampuan dalam meningkatkan menulis teks persuasif berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan dengan model pembelajaran Flipped Classroom pada peserta didik kelas VIII SMPN 35 Bandung. Dalam penelitian kuantitatif terdapat dua metode penelitian, yaitu metode eksperimen dan non-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pre-experimental Design yaitu bentuk desain pretest-posttest control grup design. Subjek penelitian ini yaitu didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol di SMPN 35 Bandung yang masing-masing berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu 1) uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, dan uji homogenitas, 2) uji hipotesis menggunakan aplikasi IBM SPSS 25 yang meliputi uji wilcoxon signed rank, dan uji mann whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu, 88,54 dan nilai rata-rata kelas kontrol 84,03. Hasil perhitungan yang telah penulis lakukan dengan hasil analisis uji mann whitney. Pada uji tersebut diketahui bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai mean rank sebesar 34,73 dan nilai sum of rank sebesar 833,50. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai mean rank sebesar 14,27 dan nilai sum of rank sebesar 342,50 dengan total hasil keseluruhan dari uji mann whitney yaitu, 0,000 < 0,05. Dari data yang diperoleh tersebut maka hipotesis diterima dan model pembelajaran Flipped Classroom efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasif pada peserta didik kelas VIII SMPN 35 Bandung. Kata kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Teks Persuasif, Kelas VIII

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:18
Last Modified: 29 Oct 2025 03:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81647

Actions (login required)

View Item View Item