REALITAS VIRTUAL PADA KEKERASAN VERBAL DALAM GAME ONLINE

Mulia, Endra Insan (2025) REALITAS VIRTUAL PADA KEKERASAN VERBAL DALAM GAME ONLINE. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas peranan habitus dalam membentuk praktik kekerasan verbal pada interaksi pemain game online Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Fenomena kekerasan verbal dalam permainan daring tidak hanya dipandang sebagai ekspresi emosional sesaat, tetapi juga sebagai praktik sosial yang dipengaruhi oleh lingkungan, modal yang dimiliki pemain, serta arena permainan yang kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana habitus, modal, dan arena memengaruhi terbentuknya perilaku kekerasan verbal dalam interaksi antar pemain maupun dalam konteks livestream. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap informan yang merupakan pemain dan streamer MLBB. Data dianalisis menggunakan kerangka teori Pierre Bourdieu, khususnya konsep habitus, modal, dan arena, untuk mengungkap pola sosial yang melatarbelakangi kekerasan verbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa habitus pemain terbentuk melalui lingkungan keluarga dan pertemanan yang permisif terhadap makian, sehingga kekerasan verbal dianggap wajar. Modal yang dimiliki pemain baik modal ekonomi, sosial, maupun simbolik menjadi faktor pembeda yang melahirkan sikap superioritas, kesombongan, serta praktik merendahkan pemain lain. Arena kompetitif MLBB, dengan sistem peringkat, reset season, dan fitur komunikasi, memperkuat suasana panas pertandingan sehingga kekerasan verbal semakin sering terjadi. Dalam konteks livestream, kekerasan verbal bahkan diposisikan sebagai bagian dari hiburan bagi penonton. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa praktik kekerasan verbal dalam MLBB merupakan hasil interaksi antara habitus, modal, dan arena. Kekerasan verbal tidak hanya dipicu oleh emosi individu, tetapi juga diproduksi dan dinormalisasi oleh struktur sosial serta sistem kompetitif yang melekat pada permainan. Kata Kunci: Habitus, Modal, Arena, Kekerasan Verbal, Mobile Legends: Bang Bang

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 28 Oct 2025 08:45
Last Modified: 28 Oct 2025 08:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81643

Actions (login required)

View Item View Item