Asmarawati Shela, 215030009 (2025) PENERAPAN GENRE-BASED APPROACH DALAM PENULISAN TEKS PIDATO PERSUASIF KELAS 4-5A BANDUNG INDEPENDENT SCHOOL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (954kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Genre-Based Approach dalam pembelajaran penulisan teks pidato persuasif di kelas 4–5A Bandung Independent School serta menganalisis dampaknya terhadap kemampuan menulis. Teks pidato persuasif dipilih karena pemelajar BIPA di Bandung Independent School belum pernah mempelajarinya, sementara jenis teks ini menuntut kemampuan menyampaikan gagasan secara meyakinkan dan sistematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain Single Subject Research (SSR). Subjek penelitian berjumlah lima pemelajar BIPA yang dipilih berdasarkan hasil observasi awal. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, analisis dokumen, dan penilaian menggunakan rubrik yang telah dirancang sebelumnya. Penelitian dilaksanakan melalui empat tahapan, yaitu Membangun Konteks Pengetahuan Awal (Building Knowledge of the Field), Menelaah Model Teks (Modeling of the Text), Merekonstruksi Teks Bersama (Joint Construction of the Text), dan Unjuk Kerja Mandiri (Independent Construction of the Text). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Genre-Based Approach memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan pemelajar BIPA dalam menulis teks pidato persuasif. Pemelajar mampu menyusun teks dengan struktur yang tepat, seperti pernyataan posisi, argumen pendukung, dan penegasan ulang. Mereka juga menunjukkan peningkatan dalam penggunaan kosakata persuasif dan kohesi antarparagraf. Pendekatan ini mendorong keterlibatan aktif, meningkatkan rasa percaya diri, serta memperkuat pemahaman terhadap fungsi sosial teks. Pembelajar berperan penting sebagai fasilitator dalam setiap tahapan, terutama saat pemelajar mengalami kesulitan dalam memahami konsep. Dengan demikian, penerapan Genre Based-Approach terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan menulis pemelajar BIPA, khususnya dalam menyusun teks pidato persuasif secara sistematis dan komunikatif. Kata kunci: Genre Based Approach, teks pidato persuasif, BIPA, keterampilan menulis, SSR.
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:13 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:13 |
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
