KUSNADI RIDWAN, 215050016 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MATLAB TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
Abstract
Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan matematika yang penting untuk dimiliki oleh siswa. Namun pada kenyataannya, kemampuan representasi matematis siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMA yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan MATLAB lebih tinggi daripada siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) mengetahui apakah self-confidence siswa SMA yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan MATLAB lebih baik daripada siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan representasi matematis dengan self-confidence siswa SMA yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan MATLAB. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan Mixed Methods dengan jenis Embedded Design. Dalam upaya memastikan kualitas data yang dikumpulkan, instrumen penelitian disusun dan diuji secara cermat agar memenuhi kriteria keandalan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Sampel penelitiannya, kelas XI F2 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model Problem-Based Learning berbantuan MATLAB dan kelas XI F3 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan representasi matematis dan skala self-confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan MATLAB lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) self-confidence peserta didik yang memperoleh model PBL berbantuan MATLAB lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan representasi matematis dan selfconfidence siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan MATLAB. Kata Kunci: Problem-Based Learning, representasi matematis, self-confidence, MATLAB
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:00 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 02:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |