LIA KARLINA, 115060269 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 1 SUKAMULYA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI ALAT PERNAPASAN MANUSIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (152kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (20kB) |
|
Text
ABSTRACT.docx Download (17kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (1MB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
Text
BAB IV.doc Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (27kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Sukamulya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran dengan subjek penelitian siswa kelas V dengan jumlah 19 orang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi alat pernapasan mansuia dengan menerapkan model discovery learning. Penelitian ini didasari oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan bahwa proses pembelajaran dikelas siswa tidak memahami materi yang disampaikan karena asik mengobrol dengan teman sebangkunya, selain itu kurangnya media menarik yang digunakan dan kuraang optimalnya penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model discovery learning yang terdiri dari 6 langkah yaitu 1. stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan), 2. problem statmen (pertanyaan/identifikasi masalah), 3. data collection (pengumpulan data), 4. data processing (pengolahan data), 5. Verifikasi (pembuktian), 6. generalization (generalisasi/ menarik kesimpulan). Alur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan refleksi yang dilaksankan, diperoleh data yang menunjukan adanya peningkatan dari setiap siklusnya yaitu, penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I sebesar 71%, siklus II sebesar 78%, dan siklus III sebesar 85%. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 76%, siklus II sebesar 80%, dan siklus III sebesar 86%. Peningkatan motivasi belajar siswa siklus I sebesar 52%, siklus II sebesar 70%, dan siklus III sebesar 86%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 52%, siklus II sebesar 78%, dan siklus III sebesar 94%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu bahwa penggunaan model discovery learning dalam pembelajaran IPA pada materi alat pernapasan manusia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Sukamulya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Motivasi, Hasi Belajar, Pembelajaran IPA Materi Alat Pernapasan Manusia.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 15:27 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 15:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8148 |
Actions (login required)
View Item |