PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X di SMA Kartika XIX-1 Bandung)

Wahyuni Siti, 215010020 (2025) PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X di SMA Kartika XIX-1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (203kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (287kB)
[img] Text
7. RINGKESAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (537kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (605kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Critical Thinking peserta didik berdasarkan hasil dari pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) melalui aplikasi Canva pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kartika XIX-1 Bandung. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasieksperimen dengan desain nonequivalent control group pada kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar (pre-test dan post-test) dan kuesioner, yang dianalisis melalui uji regresi linier sederhana dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) berkontribusi sebesar 69% terhadap peningkatan Critical Thinking (R² = 0,690), sedangkan 31% dipengaruhi faktor eksternal seperti motivasi belajar, lingkungan keluarga, gaya mengajar guru, maupun sarana prasarana. Uji independent sample t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada hasil post-test (p = 0,000 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variabel (X), yaitu pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence, terbukti berpengaruh efektif dan signifikan terhadap variabel (Y), yaitu Critical Thinking, sehingga dapat dijadikan inovasi pembelajaran Pancasila di era digital. Kata Kunci: Artificial Intelligence, Critical Thinking, Pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:39
Last Modified: 13 Oct 2025 08:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80562

Actions (login required)

View Item View Item