Wahyuni Siti, 215010020 (2025) PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X di SMA Kartika XIX-1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
6. ABSTRACT.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
7. RINGKESAN.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
11. BAB I.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text
12. BAB II.pdf Download (605kB) |
![]() |
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) |
![]() |
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Critical Thinking peserta didik berdasarkan hasil dari pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) melalui aplikasi Canva pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kartika XIX-1 Bandung. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasieksperimen dengan desain nonequivalent control group pada kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar (pre-test dan post-test) dan kuesioner, yang dianalisis melalui uji regresi linier sederhana dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) berkontribusi sebesar 69% terhadap peningkatan Critical Thinking (R² = 0,690), sedangkan 31% dipengaruhi faktor eksternal seperti motivasi belajar, lingkungan keluarga, gaya mengajar guru, maupun sarana prasarana. Uji independent sample t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada hasil post-test (p = 0,000 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variabel (X), yaitu pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence, terbukti berpengaruh efektif dan signifikan terhadap variabel (Y), yaitu Critical Thinking, sehingga dapat dijadikan inovasi pembelajaran Pancasila di era digital. Kata Kunci: Artificial Intelligence, Critical Thinking, Pendidikan Pancasila.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 08:39 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 08:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |