PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SLB YPLAB WARTAWAN DENGAN SISWA TUNAWICARA DALAM PROSES MENGAJAR

Azzahra, Faradiesa Roseu (2025) PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SLB YPLAB WARTAWAN DENGAN SISWA TUNAWICARA DALAM PROSES MENGAJAR. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Daftar Isi .pdf

Download (183kB)
[img] Text
Dapus .pdf

Download (192kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (177kB)
[img] Text
abastark 3 bahsa .pdf

Download (218kB)
[img] Text
Bab 1 .pdf

Download (291kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (335kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SLS YPLAB WARTAWAN DENGAN SISWA TUNAWICARA DALAM PROSES MENGAJAR”. Dalam kehidupan manusia komunikasi merupakan halyang sangat penting. Begitu pula dengan guru serta anak penyandangan tunawicara, hal tersebut menjadi suatu hambatan dalam berkomunikasi karena dari gangguan pendengaran atau bicara yang dialami oleh siswa tunawicar. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adala untuk mengatahui pendektan komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru pada siswa tunawicara yang dianalisis menggunakan teori interaksi simbolik dari Herbert Blumer yang memilki tiga premis utama yaitu: Manusia bertindak rterhadap sesuatu berdasarkan makan yang dimiliki oleh sesuatu itu bagi mereka (Meaning), Makna tersebut berasal dari interaksi sosial antara satu indidvidu dengan individu lainnya (Language), Makna tersebut ditangani dan dimodifikasi melalui proses interpretative yang dilakukan oleh orang ketika berhadapan dengan hal-hal yang mereka taemui (Thoughts). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi Pustaka dan studi lapangan yaitu observasi dan wawancara mendalam. Terdapat tujuh orang sebagai informan, diantaranya lima infirman inti, satu informan pendukung, satu informan akademisi. Pemelihan informan dilihat dari proses pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan komunikasi interpersonal yang efektif yang guru bangun dengan siswa tunawicara dalam proses mengajar menggunakan metode komunikasi total yang dimana komunikasi ini merupakan gabungan atau kolaborasi komunikasi non verbal dengan verbal ini adalah bentuk dari modifikasi melalui proses interpretative yang dilakukan oleh guru, guru juga melakukan pendektan secara emosional. Kedua hal ini berpengaruh dalam siswa tunawicara memaknai pembelajaran dan peng-implementasi-an dalam lingkungannya. Hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai penunjang dalam komunikasi ialah dengan membiasakan siswa tunawicara untuk terus berkomunikasi melalui metode komunikasi total karna dengan metode komunikasi total ini siswa tunawicara terbiasa dalam komunikasi verbal juga. Kata kunci: Komunikasi interpersonal, Interaksi Simbolik, Guru pada siswa tunawicara, Anak berkebutuhan khusus, Komunikasi total.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 10 Oct 2025 01:36
Last Modified: 10 Oct 2025 01:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80524

Actions (login required)

View Item View Item