PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PELAYANAN, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (SURVEI PADAANGGOTA GYM SYAR’I KHUSUS IKHWAN DI QOWIYY GYM BANDUNG)

Universitas Pasundan (2025) PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PELAYANAN, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (SURVEI PADAANGGOTA GYM SYAR’I KHUSUS IKHWAN DI QOWIYY GYM BANDUNG). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img] Text
COVER.pdf

Download (225kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (602kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (641kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap gaya hidup sehat dan kebutuhan akan layanan kebugaran berbasis nilai-nilai keagamaan, namun fluktuasi jumlah anggota menunjukkan adanya tantangan dalam mempertahankan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara simultan dan parsial pengaruh brand image, kualitas pelayanan, dan religiusitas terhadap kepuasan pelanggan pada anggota Qowiyy Gym Bandung, pusat kebugaran syar’i khusus ikhwan. Penelitian menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 64 anggota yang ditentukan dengan rumus slovin menggunakan teknik incidental sampling. Analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, transformasi Method of Successive Interval (MSI), regresi linear berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi, serta uji hipotesis (uji F dan uji t). Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi simultan sebesar 0,921 (kategori sangat kuat) dengan kontribusi sebesar 84,8% terhadap kepuasan pelanggan, sisanya 15,2% dipengaruhi faktor lain. Secara parsial, brand image berpengaruh positif namun kecil dan tidak signifikan dengan koefisien 0,81 dan Kd 4,2%. Kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif dan signifikan dengan koefisien 0,249 dan Kd 30,7%, menunjukkan bahwa pelayanan yang baik berperan penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan dengan koefisien 0,411 dan Kd 49,9%, menunjukkan bahwa nilai-nilai religiusitas mampu menciptakan kenyamanan, kepercayaan, dan keterikatan emosional anggota. Secara keseluruhan, Qowiyy Gym perlu memperkuat brand image, meningkatkan kualitas pelayanan, dan mengoptimalkan nilai religiusitas untuk mempertahankan kepuasan pelanggan. Kata Kunci: Brand Image, Kualitas Pelayanan, Religiusitas, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Patent
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen 2021
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:25
Last Modified: 08 Oct 2025 08:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80477

Actions (login required)

View Item View Item