LUDFI, FIRASYA FINNA AZ-ZAHRA (2025) KEPERCAYAAN DIRI ANAK KORBAN BULLYING DI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK KELUARGA BERENCANA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (DP2KBP3A) KABUPATEN BANDUNG BARAT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
DRAFT BAB II (Firasya Finna-IKS 212020013).docx Download (106kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI (Firasya Finna-IKS 212020013).docx Download (30kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI (Firasya Finna-IKS 212020013).docx Download (271kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (Firasya Finna-IKS 212020013).docx Download (23kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN (Firasya Finna-IKS 212020013).docx Download (20kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR (Firasya Finna-IKS 212020013).docx Download (24kB) |
![]() |
Text
DRAFT BAB 1 (Firasya Finna-IKS 212020013).docx Download (37kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (Firasya Finna-IKS 21020013.docx Download (35kB) |
Abstract
Kepercayaan diri merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan dirinya dalam menghadapi berbagai situasi dan tantangan yang memungkinkan individu untuk bertindak sesuai dengan keinginan sendiri tanpa terpengaruh oleh pendapat orang lain. Anak korban bullying seringkali mengalami penurunan kepercayaan diri yang berdampak pada aspek psikologis dan sosialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepercayaan diri anak korban bullying di DP2KBP3A Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen dengan informan yang terdiri dari anak korban bullying, orang tua, dan pekerja sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kepercayaan diri anak korban bullying meliputi penilaian diri, penerimaan diri, dan penyesuaian diri anak. Faktor pendukung dalam kepercayaan diri anak korban bullying meliputi dukungan dari keluarga dan teman sebaya, sedangkan hambatan yang dihadapi antara lain kecemasan berlebih dan rendahnya kesadaran akan potensi diri. kesimpulan dari penelitian ini adalah pemulihan kepercayaan diri anak korban bullying membutuhkan dukungan konsisten dari berbagai pihak. Pekerja sosial berperan sebagai fasilitator, motivator, konselor, broker, dan advokat dalam menciptakan lingkungan sosial yang kondusif. Dengan pendekatan yang berkelanjutan, anak- anak memiliki potensi besar untuk mengembangkan kepercayaan diri yang lebih matang dan kuat. Kata Kunci: Kepercayaan diri, Anak, Bullying, Pekerja sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2025 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 04:16 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 04:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |