PENGARUH DUKUNGAN ORGANISASI, KOMPETENSI DOSEN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN INOVASI DOSEN DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA DOSEN (Survey Dosen PTS LLDikti IV di Wilayah Bodetabek)

LULUH ABDILAH KURNIAWAN (2025) PENGARUH DUKUNGAN ORGANISASI, KOMPETENSI DOSEN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN INOVASI DOSEN DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA DOSEN (Survey Dosen PTS LLDikti IV di Wilayah Bodetabek). Disertasi(S3) thesis, PASCASARJANA UNPAS.

[img] Text
Artikel Luluh Abdilah Kurniawan.docx

Download (217kB)

Abstract

Era pendidikan tinggi yang semakin kompetitif, dosen dituntut tidak hanya memiliki kompetensi akademik, tetapi juga kemampuan berinovasi untuk menghadapi perkembangan teknologi, dinamika kebutuhan mahasiswa, dan tantangan global. Kemampuan inovasi dosen dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal, termasuk dukungan organisasi, kompetensi profesional, dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan organisasi, kompetensi dosen, dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan inovasi dosen serta implikasinya pada kinerja dosen. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur dengan sampel sebanyak 354 responden yaitu dosen yang sudah memiliki sertifikasi dosen di PTS di LLDIKTI IV Wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dan dianalisis menggunakan model persamaan struktural Structural Equation Modeling (SEM) Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan organisasi, kompetensi dosen, dan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan inovasi dosen sebesar 73,71%.Selain itu, kemampuan inovasi terbukti berperan sebagai variabel mediasi yang signifikan sebesar 83,05%.dalam hubungan antara ketiga variabel tersebut dengan kinerja dosen. Temuan ini mengindikasikan bahwa penguatan dukungan organisasi, peningkatan kompetensi, dan pengembangan kecerdasan emosional dosen menjadi strategi penting dalam mendorong inovasi dan kinerja di lingkungan perguruan tinggi swasta di wilayah Bodetabek. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis pada literatur manajemen sumber daya manusia di sektor pendidikan tinggi serta rekomendasi praktis bagi pengelola perguruan tinggi dalam merancang kebijakan peningkatan kinerja dosen secara berkelanjutan. Kata kunci: Dukungan organisasi, kompetensi dosen, kecerdasan emosional, kemampuan inovasi, kinerja dosen

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 08 Oct 2025 02:31
Last Modified: 08 Oct 2025 02:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80445

Actions (login required)

View Item View Item