RAMDHANI, OCKA (2025) AKUNTABILITAS TATA KELOLA SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI A (TUNA NETRA) PAJAJARAN DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
Cover Bab.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
Kata pengantar.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
Abstrak 3 bahasa.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
Lembar pengesahan & lembar pernyataan.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (368kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Akuntabilitas tata kelola pada Sekolah Luar Biasa Negeri A (Tuna Netra) Pajajaran di Kota Bandung. Sekolah Luar Biasa Negeri A Pajajaran di Kota Bandung merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua dan terbesar di Indonesia yang secara khusus melayani peserta didik tunanetra. Sebagai institusi pendidikan khusus, sekolah ini tidak hanya memberikan layanan akademik, tetapi juga membina kemandirian dan keterampilan hidup peserta didik. Dalam upayanya untuk memenuhi hak pendidikan penyandang disabilitas, SLBN A Pajajaran dituntut untuk memiliki sistem tata kelola yang akuntabel dan transparan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan, serta mengacu pada teori akuntabilitas publik menurut Mahmudi (2016), yang meliputi 5 variabel utama: akuntabilitas hukum dan kejujuran, manajerial, program, kebijakan, dan finansial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SLBN A Pajajaran telah menunjukkan komitmen dalam menjalankan akuntabilitas publik dengan tata kelola pendidikan inklusif yang akuntabel, ditandai dengan penerapan transparansi dalam pengelolaan dana, pelibatan pemangku kepentingan, serta penyusunan kebijakan yang mempertimbangkan kebutuhan peserta didik. SLBN A Pajajaran juga aktif dalam menyediakan pembelajaran inklusif dan layanan penunjang ramah disabilitas. Namun demikian, masih terdapat beberapa tantangan, antara lain keterbatasan sarana prasarana yang belum sepenuhnya ramah disabilitas, permasalahan status lahan, serta gangguan eksternal dari lingkungan sekitar sekolah. Faktor pendukung utama dalam penerapan akuntabilitas meliputi dukungan tenaga pendidik yang kompeten, kolaborasi dengan pihak terkait, serta komitmen sekolah terhadap pengembangan peserta didik secara holistik. Dengan demikian, akuntabilitas tata kelola di SLBN A Pajajaran dapat dikatakan cukup baik, namun memerlukan peningkatan di berbagai aspek untuk mendukung terciptanya layanan pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan bagi penyandang disabilitas. Kata Kunci: Akuntabilitas, Tata Kelola, Pendidikan Inklusif, Sekolah Luar Biasa, Disabilitas, Tunanetra.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2025 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 01:54 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 01:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |