SUSANTO AL PURYA FUTRI, 215040042 (2025) EFEKTIVITAS CHAT GENERATIVE PRE-TRAINED (GPT) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM IMUN DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (950kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (503kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
![]() |
Text
DAFTA PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
Abstract
Rendahnya literasi sains siswa di Indonesia menjadi perhatian dalam pembelajaran biologi, terutama pada materi yang kompleks seperti sistem imun. Literasi sains merupakan kompetensi penting abad ke-21 yang mencangkup pemahaman konsep ilmiah, pemecahan masalah, dn pengambilan keputusan berbasis sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan ChatGPT dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan literasi sains peserta didik pada materi sistem imun. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen nonequivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas XI di SMA Pasundan 2 Bandung, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan ChatGPT dan kelas kontrol yang tidak menggunakan ChatGPT. Instrumen penelitian meliputi soal pre-test dan post-test serta angket literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan literasi sains yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yang dibuktikan dengan hasil uji statistik berupa peningkatan N-Gain dan perbedaan signifikan antar kedua kelas. Kesimpulannya, integrasi ChatGPT dalam pembelajaran PBL terbukti efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi sistem imun. Kata Kunci: Literasi sains, ChatGPT, Problem Based Learning, sistem imun, pembelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 06:12 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 06:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |