Rizki Mochamad Faisa, 185010044 (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PROSES IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERTANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK (Studi Kasus di kelas XII di SMAIT Miftahul Khoir Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang peran guru dalam bidang Pancasila dan Kewarganegaraan dan bagaimana hasil dalam penerapan implementasi nilai tanggung jawab dalam proses pembelajaran di SMAIT Miftahul Khoir Bandung. guru telah mengajarkan nilai tanggung jawab ahmelalui keteladanan dan pembiasaan, pembentukan kepribadian peserta didik merupakan tanggung jawab bersama dalam peranya, diperlukan kerjasama antara pendidik, keluarga, dan masnyarakat. Secara alami, guru dan siswa menghadapi tantangan ketika mencoba mengajarkan siswa nilai- nilai tanggung jawab melalui pendidikan kewarganegaraan di lingkungan sekolah. Sebagai seorang guru yang menjadi teladan bagi siswanya, mereka harus menunjukkan integritasb dan kedisplinan agar dapat berperan dalam pembangunan karakter di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara guru dan siswa dalam proses implementasi pendidikan karakter bertanggung jawab. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil yang peneliti peroleh dari penelitian ini adalah ada kaitan antara peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam proses implementasi terhadap pembentukan karakter yang bertanggung jawab keduanya memiliki makna untuk menjungjung tinggi kebersamaan antara guru dan peserta didik. Kata Kunci : Guru PPKn, Karakter, Tanggung Jawab
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:09 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |