POLA KOMUNIKASI TERBUKA DALAM MEMBENTUK HUBUNGAN HARMONIS DI LINGKUNGAN KELUARGA

Azhar, Fariz (2025) POLA KOMUNIKASI TERBUKA DALAM MEMBENTUK HUBUNGAN HARMONIS DI LINGKUNGAN KELUARGA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN 2.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (214kB)

Abstract

Komunikasi terbuka merupakan kunci dalam membangun hubungan interpersonal yang sehat, terutama ketika didasarkan pada tiga pola utama menurut teori FIRO atau Fundamental Interpersonal Relations Orientation. Dimana poin utamanya yaitu inklusi, kontrol, dan afeksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana ketiga pola tersebut muncul dan berperan dalam menciptakan komunikasi terbuka yang efektif di lingkungan keluarga. Melalui pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi, ditemukan bahwa pola inklusi tercermin dalam partisipasi aktif dan rasa memiliki. Sedangkan pada kebutuhan kontrol tampak dalam keseimbangan pengaruh antar individu dan afeksi terwujud melalui kehangatan serta empati dalam interaksi. Ketiganya saling terkait dan menjadi fondasi terciptanya komunikasi yang terbuka,setara dan suportif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman terhadap ketiga pola komunikasi ini tidak hanya memperkuat hubungan interpersonal, tetapi juga berkontribusi pada terciptanya lingkungan komunikasi yang inklusif dan adaptif terhadap perbedaan. Kata kunci: komunikasi terbuka, inklusi, kontrol, afeksi, hubungan interpersonal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2025 02:52
Last Modified: 02 Oct 2025 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78812

Actions (login required)

View Item View Item