Gunawan, Alyya Dwi Syafitri (2025) DIPLOMASI DIGITAL INDONESIA MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN ASING KE LABUAN BAJO. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
Cover (3).pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
Kata Pengantar.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Download (282kB) |
Abstract
Pariwisata sebagai soft diplomasi memungkinkan negara mempromosikan aset budaya, tradisi, dan nilai-nilai nasional ke dunia internasional. Diplomasi digital pariwisata muncul sebagai pendekatan yang menggabungkan strategi diplomasi dengan promosi pariwisata melalui platform digital dan digital marketing sehingga memungkinkan suatu negara untuk memperkenalkan keindahan dan keunikan negara kepada wisatawan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana diplomasi digital berpengaruh dalam mempromosikan suatu destinasi pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia khususnya Labuan Bajo melalui platform media sosial TikTok dan Youtube pada tahun 2019-2024. Penggunaan digital marketing sebagai alat diplomasi digital dalam mempromosikan pariwisata terbukti mampu dalam meningkatkan daya tarik wisata, terutama dengan konten yang kreatif dan mampu membangun interaksi dua arah dengan audiens. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan data sekunder sebagai sumber penelitian yang didapatkan melalui riset buku, artikel, surat kabar, jurnal ilmiah, dan dokumen resmi. Hasil dari penelitian ini adalah diplomasi digital melalui tiga indikator digital marketing pada platform media sosial TikTok dan Youtube telah berhasil. Hal ini ditandai dengan tercapainya indeks citra dan meningkatnya kunjungan wisatawan asing ke Indonesia melalui penyebaran informasi melalui platform media sosial yang dapat di akses oleh audiens seluruh dunia. Kata Kunci: Potensi Pariwisata Indonesia, Potensi Pariwisata Labuan Bajo, Diplomasi Digital, Digital Marketing.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2025 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 02:38 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 02:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78807 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |