Model Dimensi Perilaku Pengguna Teknologi Informasi di Industri di Indonesia (Studi literatur dan Survey Lapangan)

Majapahit, Sali Alas (2025) Model Dimensi Perilaku Pengguna Teknologi Informasi di Industri di Indonesia (Studi literatur dan Survey Lapangan). Hibah Penelitian.

[img] Text
Sali-Laporan_Akhir_Dimensi _perilaku.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perilaku pengguna memainkan peran penting dalam keberhasilan adopsi teknologi informasi (TI), terutama di lingkungan organisasi dan industri. Di Indonesia, karakteristik sosial budaya menghadirkan tantangan unik yang seringkali kurang terwakili dalam model-model adopsi teknologi informasi. Studi ini mengungkap dimensi-dimensi perilaku pengguna yang mempengaruhi adopsi TI di industri Indonesia dengan menganalisis lebih dari 100 studi peer-review menggunakan pemrosesan bahasa alami dan pembelajaran mesin. Dengan menggunakan metodologi berbasis literatur, penelitian ini mengekstrak dan mengelompokkan konstruk perilaku pengguna menggunakan metode TF-IDF dan K-Means. Analisis ini menghasilkan sembilan dimensi utama, termasuk didalamnya ada kepercayaan, kemudahan penggunaan, persepsi risiko, inovasi, dan pengaruh sosial, yang dianggap mencerminkan konteks sosial dan budaya di industri Indonesia. Temuan ini berkontribusi pada pembentukan taksonomi perilaku pengguna yang peka terhadap konteks sosial dan budaya lokal, untuk mendukung pengembangan model dan instrumen yang relevan, dalam meningkatkan strategi implementasi TI di industri Indonesia. Kata Kunci: Adopsi Teknologi, Perilaku Pengguna, K-Means, Literatur Mining, Industri Indonesia

Item Type: Article
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2025
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 02 Oct 2025 02:42
Last Modified: 02 Oct 2025 02:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78806

Actions (login required)

View Item View Item