STUDI KOMPARATIF PERSEPSI REMAJA TENTANG CYBERBULLYING PADA INSTAGRAM DI SMAN 1 KARANGNUNGGAL DAN MTSN 9 TASIKMALAYA

Fauzi, Andre Muh. Nur (2025) STUDI KOMPARATIF PERSEPSI REMAJA TENTANG CYBERBULLYING PADA INSTAGRAM DI SMAN 1 KARANGNUNGGAL DAN MTSN 9 TASIKMALAYA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (204kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (275kB)

Abstract

Peningkatan pesat populasi digital di Indonesia telah menjadikan media sosial, khususnya Instagram (dengan 63 juta pengguna aktif didominasi remaja), sebagai sarana utama komunikasi dan interaksi. Namun, seiring perkembangannya, muncul masalah antisosial seperti cyberbullying. Fenomena kekerasan digital yang melibatkan pesan intimidatif, ujaran kebencian, dan perundungan berulang ini dilaporkan telah dialami sekitar 30% remaja di Indonesia (UNICEF, 2022) dan berdampak serius pada kesehatan mental. Meskipun telah banyak edukasi dan adanya UU ITE, penelitian terdahulu menunjukkan bahwa masih ada perbedaan persepsi di kalangan remaja mengenai batasan dan bentuk spesifik dari cyberbullying (Kireina Negolara Dokubani, Wiwin Hendriani at., 2023; I & Sulasmi, 2020), yang berpotensi menyebabkan perilaku ini terus terjadi. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi komparatif guna mengetahui dan membandingkan secara kuantitatif persepsi remaja mengenai cyberbullying pada platform Instagram antara siswa di SMAN 1 Karangnunggal dan siswa di MTsN 9 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Studi Komparatif (Comparative Survey). Data dikumpulkan melalui instrumen kuesioner terstruktur yang disebarkan kepada sampel remaja pengguna Instagram dari kedua sekolah. Analisis data diarahkan untuk membandingkan rata-rata skor persepsi antara kedua kelompok sekolah guna menguji adanya perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2025 02:01
Last Modified: 02 Oct 2025 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78797

Actions (login required)

View Item View Item