Naina Putria Maulady Syahrin, 214010082 and Dr. Yudhi Koesworodjati, SE.,MPA, Pembimbing (2025) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR CONDITIONER (AC) MEREK MIDEA DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Konsumen Air Conditioner (AC) Merek Midea Di Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.
![]() |
Text
Cover Skripsi.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (641kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (774kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (656kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
Abstract
ABSTRAK Industri elektronik di Indonesia mengalami penurunan yang berdampak negatif pada penjualan AC Midea di Bandung. Survei pendahuluan menunjukkan bahwa tingkat keputusan pembelian konsumen berada pada angka rendah 2,43, dengan penilaian kualitas produk sebesar 2,76, harga produk 2,93, dan citra merek (brand image) kurang dari 3,0. Oleh karena itu, penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif-verifikatif ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap proses keputusan pembelian AC Midea, dengan citra merek sebagai variabel mediasi. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling, dan data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) melalui perangkat lunak SPSS 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien 0,422, sedangkan harga juga berpengaruh positif signifikan dengan koefisien 0,312. Selain itu, kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap citra merek (dengan koefisien kualitas: 0,334 dan harga: 0,289), di mana citra merek memediasi pengaruh tersebut dengan pengaruh tidak langsung sebesar 0,189. Secara keseluruhan, kualitas produk dan harga dapat menjelaskan 73,4% variasi dalam keputusan pembelian. Disimpulkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian AC Midea melalui citra merek, sehingga perusahaan perlu meningkatkan mutu, menyesuaikan harga, dan memperkuat citra merek melalui promosi serta layanan purna jual. Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Brand Image, Keputusan Pembelian.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen 2021 |
Depositing User: | Mr FEB-Parid - |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 01:18 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 01:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78792 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |