SERLI, 215060094 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV di SDN Sekepeuris 01 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2024/2025, hal ini dikarenakan pembelajaran IPAS yang dilakukan di kelas belum mengikutsertakan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model Project Based Learning (PJBL) berbantuan media Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV di SDN Sekepeuris 01. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Eksperimental Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV di SDN Sekepeuris 01 yang berjumlah 68 orang dan terbagi ke dalam 2 kelas yaitu IV A dan IV B dengan jumlah masing-masing kelas yaitu 34 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas IV A model Project Based Learning (PJBL) berbantuan media Augmented Reality (AR) terdiri dari 20 peserta didik dan kelas IV B yang menggunakan model Direct Instruction terdiri dari 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen mendapatkan rata-rata nilai pretest sebesar 54,40 dan rata-rata nilai posttest sebesar 89,70 sedangkan kelas kontrol hanya mendapatkan rata-rata nilai pretest sebesar 53,45 dan rata-rata nilai posttest sebesar 81,70. Data perhitungan hasil uji hipotesis menggunakan Uji-T memperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji N-Gain di kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 0,770 dengan kategori tinggi sedangkan di kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 0,5968 dengan kategori sedang. Hasil uji Effect Size diperoleh nilai sebesar 1.307 dan termasuk ke dalam kategori besar. Berdasarkan keputusan di atas maka dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PJBL) berbantuan media Augmented Reality (AR) berpengaruh besar terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV di SDN Sekepeuris 01. Kata Kunci: Model Project Based Learning (PJBL), Media Augmented Reality (AR), Hasil Belajar, Fotosintesis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 09:07 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 09:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |