Supiyanti Khoirunnisa, 215060112 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BERBANTUAN MEDIA DIGITAL SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 3. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (841kB) |
![]() |
Text
ABSTARK.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
Abstract
Hasil belajar peserta didik tergolong dalam kategori rendah, khususnya pada aspek kognitif. Rendahnya pencapaian tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain masih digunakannya model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru, metode ceramah yang monoton, serta kurangnya penggunaan media yang menarik. Akibatnya, siswa kurang antusias, tidak aktif dalam proses pembelajaran, enggan bertanya, dan memiliki kesulitan dalam memahami konsepkonsep dasar matematika seperti perkalian dan pembagian. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Gambaran proses pembelajaran peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Matematika dengan berbantuan media digital, 2) Perbedaan rata-rata hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media digital dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa, 3) Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan hasil belajar Matematika pada siswa kelas III dengan berbantuan media digital. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini berjumlah 50 orang Dimana 25 peserta didik kelas 3 A dan 25 orang peserta didik kelas 3 B yang memeproleh pelajaran biasa di SD Kartika X-3 tahun ajaran 2024/2025. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes dan non tes untuk meneliti hasil belajar matematika peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan Microsoft Excel 2010 dan SPSS 25.0 for Windows. Berdasarkan analisis daa hasil penelitian, didapatkan kesimpulan : 1) Hasil Belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL berbantuan media digital lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan, 2) Terdapat perbedaan pencapaian antara hasil belajar yang menggunakan model problem based learning terhadap peserta didik kelas 3 SD, 3) Model problem based learning berbantuan media digital terdapat pengaruh besar terhadap hasil belajar peserta didik kelas 3 di SD Kartika X-3 tahun ajaran 2024/2025. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Media Digital
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 09:00 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 09:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |