KHAIRUNNISA WANDA, 185030040 (2025) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DARI TEKS PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POSTER PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 CIMENYAN KABUPATEN BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi informasi dari pada pembelajaran teks persuasi. Rendahnya kemampuan mengidentifikasi informasi pada peserta didik disebabkan oleh sulitnya mengembangkan sebuah teks persuasi kata dan bahasa yang tepat dalam menulis. Hasil belajar pada peserta didik berdampak pada kemampuan teks persuasi. Maka, peneliti melaksanakan penelitian dengan menggunakan pembelajaran mengidentifikasi informasi teks persuasi dengan menggunakan media poster. Tujuan penelitian dilakukan untuk menguji keefektifan media poster dalam pembelajaran mengidentifikasi teks persuasi dan mengkaji perbedaan kemampuan peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan media poster dengan peserta didik menggunakan metode. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen dengan Quasi EXperimental Design. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat peneliti simpulkan bahwa peneliti telah mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi informasi teks persuasi. Hal itu, dapat dibuktikan pada kemampuan peserta didik dalam menulis teks persuasi. Rata-rata prates yang diperoleh kelas ekperimen sebesar 38,33 menjadi 76,20 pada pascates kelas eksperimen. Rata-rata prates yang diperoleh kelas kontrol sebesar 38,33 menjadi 51,73 pada pascates kelas kontrol. Terdapat perbedaan signitifikan pada hasil belajar kemampuan peserta didik dalam menulis teks persuasi. Hasil tersebut, dapat dibuktikan dengan uji hipotesis. Hasil uji sig. dari uji statistik tersebut adalah 0,000 < 0.06. Dengan demikian, pembelajaran mengidentifikasi teks persuasi berbantuan media poster efektif digunakan dan dilaksanakan dengan baik. Kata kunci: Mengidentifikasi, informasi, teks persuasi, media poster
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 04:25 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 04:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78753 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |