PENGARUH MEDIA ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA/I DI SMA NEGERI 1 BALEENDAH (Studi Kuasi Eksperimen Pada Materi Permintaan dan Penawaran Kelas X di SMA Negeri 1 Baleendah Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025)

Zaidan Hazmin, 215020007 (2025) PENGARUH MEDIA ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA/I DI SMA NEGERI 1 BALEENDAH (Studi Kuasi Eksperimen Pada Materi Permintaan dan Penawaran Kelas X di SMA Negeri 1 Baleendah Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (85kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (123kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran Artificial Intelligence terhadap kemampuan kognitif siswa. Menggunakan desain kuasieksperimental dengan model Nonequivalent Control Group Pretest-Posttest Design, penelitian ini melibatkan dua kelompok: kelas eksperimen (X-F) yang menggunakan PBL berbantuan AI dan kelas kontrol (X-E) yang menggunakan metode konvensional. Pemilihan sampel bersifat purposive, di mana kelas eksperimen memiliki catatan pencapaian akademik awal lebih rendah (rata-rata pretest 7.34) namun dengan potensi teknologi tinggi, sedangkan kelas kontrol memiliki pencapaian awal lebih tinggi (rata-rata pretest 10.33). Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kedua kelompok mengalami peningkatan kemampuan kognitif yang signifikan secara statistik (p < 0.001), terdapat perbedaan fundamental dalam distribusi peningkatan tersebut. Pada kelas eksperimen, sebanyak 92.7% siswa menunjukkan peningkatan skor. Sebaliknya, pada kelas kontrol, hanya 41% siswa yang mengalami peningkatan, sementara mayoritas (59%) tidak menunjukkan perubahan skor. Analisis yang didasarkan pada Teori Beban Kognitif (Cognitive Load Theory) menjelaskan fenomena ini. Media AI berperan sebagai mitra kognitif yang efektif mengurangi beban kognitif ekstrinsik (upaya mencari dan menyaring informasi), sehingga memungkinkan siswa untuk mengalokasikan sumber daya mental mereka pada beban kognitif germane (pemrosesan mendalam dan konstruksi pengetahuan). Hal ini menciptakan lingkungan belajar konstruktivis yang inklusif dan merata. Sementara itu, media konvensional pada kelas kontrol membebankan beban ekstrinsik yang tinggi, sehingga hanya siswa dengan kemampuan metakognitif superior yang berhasil menunjukkan peningkatan. Kesimpulannya, sinergi antara model PBL dan media AI terbukti secara signifikan lebih unggul dalam mendorong peningkatan kemampuan kognitif secara merata dan inklusif dibandingkan dengan penggunaan media konvensional. Kata Kunci: Artificial Intelligence, Media Pembelajaran, Kemampuan Kognitif, Cognitive Load Theory, Kuasi-Eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 01 Oct 2025 02:24
Last Modified: 01 Oct 2025 02:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78735

Actions (login required)

View Item View Item